WELCOME TO MY BLOG, DON'T FORGET TO LEAVE A COMMENT _ Selamat datang di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar... THANK YOU :)

Selasa, 03 Desember 2013

Kerajaan Banjar

Kerajaan Banjar terletak di Kalimantan Selatan.  Kerajaan ini berkembang pada awal abad ke-16. Kerajaan Banjar didirikan oleh Raden Samudra. Setelah memeluk agama Islam, Raden Samudra bergelar Sultan Suryanullahatau Suryansyah.
Dulunya, Kerajaan Banjar adalah kerajaan ber-corak Hindu. Raden Samudra berhasil menjadikan Kerajaan Banjar sebagai kerajaan Islam karena mendapat bantuan dari Kerajaan Demak. Oleh karena itu, antara Demak dan Banjar telah terjalin hubungan yang erat dan baik.
Kepala pemerintahan Kerajaan Banjar adalah seorang Sultan yang dibantu oleh Patih atau Mang-kubumi. Patih dibantu oleh menteri yang bergelar Tumenggung atau Kyai.Kerajaan Banjar memperoleh penghasilan ter-utama dari cukai perdagangan karena letaknya yang strategis untuk jalur perdagangan. Dari bi-dang inilah perekonomian kerajaan dapat berputar dan berkembang.

Setelah Sultan Adamwafat (1857), Kerajaan Banjar mengalami krisis pemerintahan. Hal itu an-tara lain disebabkan munculnya perebutan kekua-saan antarpangeran. Rakyat mendukung Pangeran Hidayatullah untuk menduduki tahta kerajaan karena dialah yang sebenarnya punya hak naik tahta. Akan tetapi, Belanda mendukung Pangeran Tamjidillah untuk naik tahta. Maka terjadilah kekacauan. Akhirnya, Belanda dapat menguasai Kerajaan Banjar dan menghapuskan gelar kesultanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar